Rabu, 06 Mei 2015

Ketika pertama kali mengajar.....


Sebelum mengajar, tentulah harus mengetahui dan memahami bermacam
strategi, pendekatan, model, metode dan media. Agar kemudian mudah
untuk membuat kelas menjadi hidup akan cara tersendiri dalam mengajar.
Selain itu, Guru juga harus memahami juga memiliki RPP dan Silabus,
agar pembelajaran dapat berlangsung secara baik dan teratur.

Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana tindakan (rangkaian
kegiatan) yang termasuk juga penggunaan metode dan pemanfaatan
berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran.
Macam-macam Strategi Pembelajaran :
•       Strategi Pembelajaran Berorientasis Aktivitas Siswa
•       Strategi Pembelajaran Ekspositori
•        Strategi Pembelajaran Inkuiri
•       Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
•       Strategi Pembelajaran Afektif
•       Strategi Pembelajaran Kontekstual
•       Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
•       Strategi Pembelajaran Kooperatif

Pendekatan Pembelajaran adalah konsep dasar yang mewadahi,
menginsipirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan
cakupan teoretis tertentu.  Pendekatan secara umum dibagi menjadi dua,
yakni pendekatan berpusat pada guru dan pendekatan berpusat pada
siswa.

Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal
sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Berikut
contoh beberapa model pembelajaran:
•       Kooperatif
•       Make a Match
•       Kontekstual
•       Number Head Together
•       Think, Pair & Share
•       Jigsaw
•       Role Playing

Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah- langkah, dan
cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Berikut
beberapa contoh  metode pembelajaran:
•       Ceramah
•       Diskusi
•       Tanya jawab
•       Study tour
•       Latihan keterampilan

Pada saat pertama kali mengajar, tentunya akan didampingi oleh salah
satu Guru atau bahkan didampingi oleh Kepala Sekolah di Sekolah
tersebut. Ketika masuk ke dalam kelas, tak lupa kami mengucapkan Salam
kepada siswa yang ada dikelas. Lalu, mengajak siswa untuk berdoa
bersama sebelum memulai pembelajaran hari ini. Setelah berdoa selesai,
kemudian pendamping saya memberitahukan bahwa saya adalah Guru baru di
sekolah tersebut. Setelah selesai perkenalan singkat, pendamping
meninggalkan saya keluar kelas. Lalu saya memperkenalkan diri secara
lebih dekat dengan siswa bahwa saya adalah Guru baru disekolah
tersebut.
“Hai.. Selamat Pagi Anak-Anak!....”
Setelah memperkenalkan diri, saya menanyakan bagaimana kabar siswa
pada hari itu. Dan mengingatkan agar tidak lupa untuk sarapan pagi
sebelum jam 9. Lalu, saya mengabsen siswa menggunakan buku absen yang
telah disediakan sekaligus perkenalan. Setelah selesai mengabsen saya
akan menjelaskan secara singkat mengenai apa yang akan dipelajari pada
saat itu.
(Misalnya pada saat mata pelajaran PKn, mengenai tata tertib)
Lalu saya menanyakan kepada siswa mengenai hal-hal yang menyangkut
dengan pelajaran pada saat itu. Hal ini ditujukan agar Guru dapat
mengetahui sejauh mana siswa mampu berpikir dan agar siswa lebih mudah
nantinya dalam menerima pelajaran.
“Apakah kalian pernah melanggar tata tertib?”
Atau
“Tata tertib itu apa sih?”
Setelah itu, saya akan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
Sebaiknya satu kelompok 4-5 orang. Lalu memberikan beberapa inti
pertanyaan yang akan mereka bahas bersama-sama. Seperti “Apa saja tata
tertib di sekolah yang kalian ketahui .. ”Dalam kegiatan ini, tak lupa
melihat kerjasama diantara mereka.
Setelah waktu diskusi berakhir, saya akan mempersilahkan masing-masing
perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya.
Lalu, pada akhir kegiatan pembelajaran saya memberikan potongan gambar
dan kata keterangan. Masing-masing kelompok akan mendapatkan soal yang
sama. Yakni menjodohkan gambar (yang berhubungan dengan tata tertib)
dengan keterangan gambar yang benar. Hal ini ditujukan untuk lebih
meningkatkan kerjasama antar siswa dan kemampuan berpikirnya.
Saat kegiatan pembelajaran berakhir, tak lupa saya memberikan
kesimpulan tentang pembelajaran pada saat itu. Dan memberikan
keterangan bagaimana siswa-siswi dalam kegiatan pembelajaran tersebut,
apakah aktif ataupun tidak dan sebagainya.
Lalu saya menutup kegiatan pembelajaran dengan mengajak siswa untuk
berdoa bersama setelah pelajaran.

Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar